Jumat, 22 Juni 2012

MODIF SASIS: Lebih Ringan dan Pendek

Indonesia Drag - Untuk keperluan drag bike, sudah pasti diatur ulang bagian sasis. Pertama untuk mengejar bobot yang ringan dan agar punya aerodinamis yang bagus supaya dapat mengurangi hambatan angin. Supaya bobot bisa berkurang dan posisi joki tidak menabrak angin, biasanya sasis motor drag dibikin langsing. Caranya adalah mengubah ukuran rangka.

Caranya, dari tebal dan diameter pipa sasis bagian belakang yang di buat tipis. Ubahan rangka juga dapat membuat joki lebih nyaman saat balap terutama saat start.

Foto di atas adalah rangka motor Yamaha Mio. Berikut adalah penjelasannya:
  1. Tulang depan untuk pegangan komstir harus tetap menggunakan tulang bawaan pabrik.
  2. Rangka bawah juga tetap menggunakan bawaan pabrik.
  3. Rangka diubah pada bagian buritan, dimulai dari engine mounting sampai ke dudukan spakbor belakang. Menggunakan pipa besi dengan tebal 5 mm dengan diameter 1,4 inci.
  4. Untuk mengimbangi sasis yang tipis, harus diberikan besi penyanggah di bagian tengah yang juga berfungsi sebagai stabilizer. Besi ini tebalnya hanya 3 mm dan diameternya 1/2 inci.

Dengan pengubahan sasis yang menjadi seperti ini, pembalap akan ikut terbantu karena pada saat start, posisi duduk lebih nyaman. Bobot pun bisa berkurang hingga 20 kg dari bobot aslinya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More